Selasa, 08 Desember 2009

Wahana syi'ar Digital : Catatan workshop 'Santri Indigo'


Oleh : Fhine Shine

Indigo sendiri merupakan singkatan dari Indonesia Digital Community. Dan sesuai dengan keinginan Telkom-Repuublika membuat kehidupan pesantren lebih modern maka program tersebut diperkenalkan sebagai Santri Indigo.


Kegiatan Santri Indigo berupa pelatihan dan motivasi kepada santri atas pentingnya internet untuk berdakwah. santri mendapatkan pelatihan, mulai  cara mengakses internet, belajar menggunakan internet, dan membuat web blog di internet. Pendeknya santri mendapat paradigma baru sehingga nantinya dapat berdakwah melalui dunia cyber.


Materi I diisi oleh Bapak Syaiful Hidayat (Directorate of Information Technology  PT. Telkom Indonesia) berbicara tentang Tren Perkembangan Teknologi Informasi, beliau menyebutkan TI menjadi kekuatan penggerak perubahan yang sangat fenomenal di setiap aspek kehidupan. indonesia Pengguna internet ke-13 terbesar di dunia
Perkembangan TI & Internet perlu disikapi dengan tepat untuk memberi manfaat seluas-luasnya dan


meminimalkan resikonya, karena  internet memiliki sisi baik dan buruk, beliau menyebutkan sisi gelap TI dengan istilah 3G ( Girls, Games dan Gambling), pencegahannya : 1) Pengamanan data/informasi merupakan tanggung jawab kita bersama
                          2) Diperlukan : - Security awareness
                                                - security culture

Materi II Pelatihan Menulis  oleh Bapak Selamat Ginting (Wakil Redaktur Pelaksana HU  Republika). terkadang orang hanya memiliki gagasan namun tidak bisa menuangkan dalam bentuk tulisan.. padahal sejarah itu ada karena ada yang menulis,  (hal ini yang ada pada diri saya, banyak hal yang ingin saya sampaikan namun sulit untuk dituangkan melalui tulisan, karena saya memang belum pandai menulis, padahal dalam diri saya tertanam"seseorang belum dikatakan sukses jika ia belum memiliki buah tangan")

Materi III Internet Connection dan Surfing oleh Wahyu Hidayat (Asisten MAnajer Content dan VAS Bekasipada materi ini peserta lebih dititikberatkan pada pembuatan blog yang kemudian hasilnya akan dipilih peserta pembuat blog terbaik.

Materi IV Muhammad Ismail "kenapa harus berda'wah di Internet"
Materi V  Etika ngeblog oleh Mba Ajeng 

dan materi terakhir adalah materi yang paling menarik menampilkan Eko Ramaditya Aditara The Blind Game Musik Composer, Seluruh peserta yang hadir saat itu dibuat terharu oleh seorang tunanetra namun memiliki potensi melebihi orang yang sempurna. abang2 temen2 mungkin jika ikut hadir pada saat itu akan menitikkan air mata betapa seseorang yang memiliki kekurangan tetapi ia mampu mensyukuri dengan baik apa yang telah Allah berikan kepadanya. melalui keahliannya ia selalu diundang bukan hanya dalam negri saja tetapi juga mendunia sebagai motivator, selain itu  Mengenai bidang yang dikuasainya saat ini, yaitu sebagai sound engineer, pada tahun 2006 lalu Rama didaulat oleh perusahaan games raksasa asal Jepang,nintendo sebagai suplaiyer sekaligus kreator backsound musik games. www.ramaditya.com

diakhir acara pelatihan panitia menyebutkan 5 pemenang pembuat Blog terbaik yaitu pemenang ke-5, ke-4, dan ke-2 dari Pondok Pesantren Attaqwa Putra, pemenang ke-3 dari Pondok Pesantren Annur dan pemenang pertama diraih oleh Ahmad Rifa'i (Guru IT di Pondok Pesantren Attaqwa Putri).

Subhaanallah sungguh pelatihan ini benar2 memberikan pencerahan untuk saya dan terlebih penting untuk dunia pesantren yang saat ini harus sudah melek-tek (meminjam istilah bang asep sofyan) karena saatnya DUNIA DALAM GENGGAMAN SANTRI.. Allahu Akbar....!!!!

owh iya ada yang lucu setelah pelatihan Tim panitia dari telkom dan Republika mengunjungi Pondok Pesantren Attaqwa Putri, setelah melihat-lihat mereka bilang "wah suasananya lebih indah dan asri di Putri yaaa... kenapa tidak di sini pelatihannya....?" (hihiyyyy secara tidak langsung Putri emang lebih keren dari dulu di banding Putra....



Sumber photo : http://bloggerbekasi.com/2009/12/02/santri-indigo-di-attaqwa-bekasi.html

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails