Minggu, 14 Maret 2010

Bekasi, Surga Bagi Blogger Indonesia

Kahar S. Cahyono
Amprokan Blogger 2010 usai sudah. Seluruh rangkaian acara yang disiapkan panitia, berhasil dilalui secara paripurna.  Satu hal yang mesti dicatat, meskipun pelaksanaan amprokan itu hanya dua hari, namun kenangan yang tercipta ternyata abadi. Buktinya, hingga hari ini, kegiatan yang cukup fenomenal itu masih menjadi buah bibir di dunia maya. Postingan demi postingan terus terlahir. Yang juga menggembirakan, ia bahkan menjadi sumber inspirasi bagi blogger dari daerah lain, untuk mengadakan acara serupa. Sementara bagi Komunitas BeBlog, tentu semakin tertantang untuk mengadakan kegiatan yang lebih baik lagi dikemudian hari.

Saya memang berhalangan hadir dalam Amprokan Blogger. Pekerjaan di kantor yang menumpuk, membuat saya tidak bisa berkutik dan hanya bisa mengikuti perkembangan acara dari www.bloggerbekasi.com. Meskipun begitu, besarnya aura kegiatan tersebut terasa hingga disini. Di hati saya. Apalagi setiap kali membaca postingan para blogger, saat mengunjungi tugu Patriot, UKM Boneka, TPA Bantar Gebang,Kota Hijau Jababeka, Live Blogging Contest [LBC] di Pendopo Walikota dan akhirnya ramah tamah dengan Walikota.


Saya begitu percaya, tulisan-tulisan itu akan mengabarkan orang-orang diluar sana, bahwa Bekasi memiliki sejuta potensi. Blogger, dalam hal ini, memegang peran yang cukup penting.
Mengetahui Risa Amrikasari, seorang penulis dan blogger yang selama ini saya kenal melalui karya-karyanya menjadi pembicara dalam talk show, saya semakin merasa rugi tidak bisa menghadiri acara ini. Betapa tidak, tahun lalu saya menjadi Juara Kedua Rose Heart Writing Competition 2009 yang diselenggarakan Mbak Risa. Kalau saja saya hadir pada saat itu, barangkali inilah untuk pertamakalinya saya bisa bertemu darat dengan beliau.

Upacara Perayaan HUT Kota Bekasi ke-13
Tanggal 10 Maret 2010, saya berkesempatan menghadiri Upacara HUT Kota Bekasi. Tentu ini menjadi kehormatan tersendiri. Khususnya bagi saya pribadi. Bukan semata-mata karena saya menjadi juara pertama Kontes Menulis Blog ”Aku Cinta Bekasi”, namun lebih karena kedekatan pemimpin dengan rakyatnya.
Dalam kesempatan itu, Walikota Bekasi H Mochtar Mohamad, berkenan memberikan penghargaan dan hadiah kepada para pemenang lomba menulis dan foto untuk blogger. Disamping, para pemenang berbagai perlombaan lain yang juga dilaksanakan di lingkungan Pemkot Bekasi.
Apalagi, blogger diberi kehormatan untuk duduk di deretan paling depan. Pantaslah bila saya mengatakan, bahwa Bekasi memang menjadi surganya para blogger.

Peringatan HUT Kota Bekasi ke-13 itu sendiri mengambil tema: Dengan HUT Kota Bekasi ke-13 Kita Raih Adipura dan Bekasi yang Lebih Hijau, Cerdas, Sehat dan Ihsan. “Kiranya, tema yang diangkat tersebut dapat memberikan semangat kesadaran dan arah kepada seluruh komponen masyarakat Kota Bekasi”, ujar Walikota, yang saya ingat dengan jelas.

Ini tentu mengingatkan pada tulisan saya, Merajut Asa di Kota Tapal Batas. Dan hari ini, warga Bekasi menyaksikan dengan mata kepala sendiri, ”asa” itu sedang dirajut.

Betapa tidak, beberapa proyek pembangunan baik infrastruktur maupun sarana lainnya yang akan segera dibangun di Kota Bekasi.  Seperti, proyek rehabilitasi jalan Pekayon – Pondok Gede, pembangunan Puskesmas Pembantu (Pustu) di Kelurahan Sepanjang Jaya, peletakan batu pertama pembangunan gedung kantor Pemda Kota Bekasi dan Stadion Sepak Bola Berstandar Internasional di Kota Bekasi, pembangunan kantor Kelurahan Kali Baru, proyek pembangunan SMA Negeri 8 Bekasi, pembangunan jalan layang (fly over) Ahmad Yani.

Kita ingin melihat, blogger juga memiliki peran dan berkonstribusi nyata untuk kemajuan daerahnya. Semoga saja harapan ini tidak bertepuk sebelah tangan. Sebab, seiring dengan kemajuan informasi-teknologi, tantangan itu bukan lagi menjadi hal yang mustahil untuk diwujudkan. (*)

Kahar S. Cahyono: Juara Pertama Penulisan Blog ”Aku Cinta Bekasi”, seorang Blogger, praktisi ketenagakerjaan, dan editor harian online Kabar Indonesia.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails